Religion

7 Jenis Nafsu Pada Manusia

7 Jenis Nafsu Pada Manusia

Mari kita sama mengenal nafsu yang ada pada diri kita agar kita tau betapa pentingnya kesadaran akal dibandingkan kesadaran akan nafsu. dimana letak nafsu kita berada mari kita pelajari dan kita pahami dengan pikiran yang jernih serta hati yang ikhlas. semoga bermanfaat.. dalam kitab QOTRUL GHOIST di katakan Nafsu itu ada 7 tingkatan

1. NAFSU AMMARAH

Makanan Untuk Meredakan Marah

tepatnya ada di dada, rangkainya adalah kikir, loba terhadap Dunia, dengki bodoh, sombong, sahwat, dan marah.

2. NAFSU LAWWAMAH

SEO-Menipu

tempatnya di hati, yaitu di bawah puting payudara kiri kira-kira dua jari. Termasuk nafsu lawwamah adalah senang mencela, senang menipu, mengagumi diri, menentukan kejelekan orang lain, pamer, aniaya, dusta dan lalai.

3. NAFSU MULHIMAH

taubat

tempatnya adalah ruh di bawah puting payudara yang kanan sekira dua jari. Termasuk nafsu mulhimah adalah : sakhwah (derma), menerima apa yang ada, aris, merendahkan diri, taubat, sabar, dan tabah menderita.

4. NAFSU MUTHMAINNNAH

tawakal

tepatnya dekat puting payudara kiri, kira-kira dua jari kearah dada. yang termasuk nafsu muthmainnah adalah : pemurah, tawakkal, ibadah, syukur, ridho, dan takut kepada Allah.

5. NAFSU RADHIYAH

download

Tempatnya pada sirrus sir, maksudnya pada kerangka tubuh. termasuk nafsu radhiyah adalah : sosial, zuhud, perwira, riyadlah (berlatih), dan menepati janji.

6. NAFSU MARDLIYAH

images (1)

Tempatnya samar, yaitu di dekat susu kanan sekira dua jari kearah tengah dada. Yang mengikuti nafsu mardliyah adalah : pekerti yang baik, meninggalkan selain Allah, kasih sayang kepada makhluk, berpaling dari dosa makhluk, mencintai hamba Allah, condong kepada hamba Allah untuk mengeluarkan mereka dari kegelapan watak dan nafsu mereka.

7. NAFSU KAMILAH

allah-sunset_jpg_jpg

Tempatnya lebih samar yaitu di tengah dada. Yang mengikuti nafsu kamilah adalah : Ilmul yakin, ‘Ainul yakin, dan Haqqul yakin.

About mgun7

Not special but Limited edition

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar

KATEGORI

DAFTAR ISI

Follow Us on Twitter

RSS Mr. Memble

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.