BELAJAR, Jaringan

Pengertian Dan Penjelasan NMS (Network Monitoring System)

NMS

Pengertian Dan Penjelasan NMS (Network Monitoring System)

Assalamualaikum, baru update lagi nih,. sedikit berbasa-basi tetapi tidak sampai berbusa untuk basa-basinya, Mungkin dari judul udah pada ngerti kali yah, maklum penulis ini masih newbie dan baru-baru ini mengenal yang namanya Network Monitoring System. Dari namanya ajah udah jelas kegunaan dari kata-kata tersebut. ya..benar! untuk memantau kinerja jaringan. sebenarnya banyak sekali kegunaan dari kata NMS itu sendiri, maka dari itu penulis berpredikat newbie dan berinisiatif menjadi master (Amin..!) ingin sedikit berbagi pengetahuan mengenai Pengertian dan Penjelasan Network Monitoring System. biar ga nyampe berbusa nyok kita simak uraian di bawah ini.

Monitoring (bahasa Indonesia: pemantauan) adalah pemantauan yang dapat dijelaskan sebagai kesadaran (awareness) tentang apa yang ingin diketahui, pemantauan berkadar tingkat tinggi dilakukan agar dapat membuat pengukuran melalui waktu yang menunjukkan pergerakan ke arah tujuan atau menjauh dari itu.(http://id.wikipedia.org)

Network Monitoring The term network monitoring describes the use of a system that constantly monitors a computer network for slow or failing components and that notifies the network administrator (via email, SMS or other alarms) in case of outages. It is a subset of the functions involved in network management.(http://id.wikipedia.org)

Network Monitoring System (NMS)

Network Monitoring System (NMS) merupakan sebuah sub sistem dalam manajemen jaringan (Network Management System) yang melibatkan penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras. Perangkat lunak digunakan sebagai sistem yang mengelola proses pemantauan terhadap fungsi dan kinerja jaringan yang meliputi kepadatan dan lalu lintas dalam ukuran penggunaan lebar pita saluran data (bandwidth), pada sistem yang lebih kompleks, proses monitoring ini dapat dikembangkan sampai kepada penggunaan sumber daya, seperti sistem up/down, utilisasi CPU dan memory, serta manajemen port.

NMS merupakan tool untuk melakukan monitoring/pengawasan pada elemen-elemen dalam jaringan komputer. Fungsi dari NMS adalah melakukan pemantauan terhadap kualitas SLA (Service Level Agreement) dari Banwidth yang digunakan (Fachruddin, 2009). Hasil dari pantauan tersebut biasanya dijadikan bahan dalam pengambilan keputusan oleh pihak manajemen, disisi lain digunakan oleh administrator jaringan (technical person) untuk menganalisa apakah terdapat kejanggalan dalam operasional jaringan. Menurut Ipswitch (2010), ada 10 alasan utama menggunakan aplikasi monitoring jaringan komputer, yaitu:

  • Mengetahui apa yang sedang terjadi dalam jaringan, dimana solusi NMS selalu memberikan informasi tentang operasional dan konektifitas dari peralatan dan sumber daya yang ada dalam jaringan .
  • Untuk perencanaan peningkatan (upgrade) dan perubahan peralatan jaringan .
  • Dapat digunakan untuk mendiagnosa masalah-masalah dalam jaringan.
  • Sebagai bahan untuk keperluan SLA (service level agreement) .
  • Mengetahui kapan saat yang tepat untuk mengimplementasikan solusi disaster recovery system(pemulihan bencana/masalah) dapat dilaksanakan.
  • Memastikan keamanan sistem beroperasi dengan baik.
  • Memastikan pengguna (client) layanan dalam jaringan terkoneksi dengan server yang mereka butuhkan.
  • Mendapatkan infomasi status jaringan secara remote.
  • Memastikan uptime untuk keperluan pengguna yang tergantung dengan ketersediaan jaringan computer.
  • Menghemat pengeluaran dengan menekan jumlah waktu jaringan down dan memangkas waktu untuk menganalisa masalah.

Sekian penjelasan dari ane semoga bermanfaat, koreksi apabila ada kesalahan “comments” bermanfaat 🙂

Pengertian Dan Penjelasan NMS (Network Monitoring System) , NMS

About mgun7

Not special but Limited edition

Diskusi

3 respons untuk ‘Pengertian Dan Penjelasan NMS (Network Monitoring System)

  1. boleh tau sumber penjelasannya dari mana?

    Posted by dita oktaria (@diokk) | Desember 23, 2013, 8:18 am
  2. sorii udah ada ya, br liat hehe

    Posted by dita oktaria (@diokk) | Desember 23, 2013, 8:20 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Makalah Admin dan Security Jaringan | trianarahayu - Oktober 21, 2013

Tinggalkan komentar

KATEGORI

DAFTAR ISI

Follow Us on Twitter

RSS Mr. Memble

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.