SPORT

Ultimate Fighting Championship

Bagi Anda pelanggan televisi berbayar, tak ada salahnya mencoba menyaksikan salah satu program yang disiarkan oleh saluran Fox Movies Premium (FMP) yaitu Ultimate Fighting Championship (UFC).

UFC 144 akan disiarkan secara langsung oleh FMP pada Minggu (26/2) pukul 10.00 WIB. Sejumlah petarung akan bertanding dan bersaing menjadi yang terbaik di Saitama Super Arena, Jepang. Sejumlah partai yang menjadi unggulan antara lain: Quinton ‘Rampage’ Jackson vs Ryan Bader, Frankie Edgar vs Benson Nenderson dan Mark Hunt vs Cheik Kongo.

Lalu apakah UFC itu? Ultimate Fighting Championship adalah kombinasi beberapa olahraga bela diri: jiu-jitsu, tinju, gulat, sumo, kick-boxing dan beberapa jenis bela diri yang lain.

UFC mulai terbentuk pada di Amerika Serikat pada 1993 lalu. Saat itu ejumlah atlet bela diri ingin mengombinasikan berbagai jenis bela diri ke dalam satu pertarungan atau pertandingan untuk mencari petarung yang paling kuat, berbakat, tangguh dan sportif.

Para petarung UFC diharuskan bertanding di atas ring atau lapangan yang dibatasi kawat lentur. Untuk ring, ukuran yang ditetapkan ialah tidak boleh lebih kecil dari 20 kaki persegi (6 meter persegi) dan tidak melebihi dari 32 kaki persegi (9,7 meter persegi).

Lalu tinggi alas ring harus empat kaki atau 1,2 meter di atas lantai. Alas ring dianjurkan menggunakan bahan semacam busa yang dipadatkan. Bahan ini dikenal lentur dan dapat mengurangi resiko cedera bagi petarung yang jatuh atau dibanting.

Untuk pertandingan non-gelar diselenggarakan sebanyak tiga ronde dengan lama setiap rondenya ialah lima menit. Lalu setiap ronde diseling dengan istirahat bagi para petarung selama satu menit.

Untuk laga memperebutkan gelar diselenggarakan sebanyak lima ronde lima ronde dengan lama setiap rondenya ialah lima menit. Istirahat di setiap ronde disediakan waktu satu menit.

Para petarung UFC dilarang menggunakan senjata tajam atau benda-benda keras/tumpul sebagai alat bela diri mereka. Mereka harus bertanding dengan tangan kosong.

Para petarung UFC tidak menggunakan pelindung kepala atau wajah, diwajibkan memakai pelindung gigi di dalam mulut, menggunakan sarung tinju, tapi bukan seperti yang digunakan di cabang tinju profesional/amatir (boxing).

Para petarung juga harus telanjang dada (khusu petarung perempuan diperbolehkan memakai kaus), memakai celana pendek di atas lutut dan dilarang menggunakan sepatu atau berbagai bentuk alas kaki.
Untuk menilai siapa yang menjadi pemenang, ditentukan oleh tiga juri yang duduknya berjauhan tapi tetap di sisi ring.

Pertandingan bisa dihentikan oleh wasit di atas ring jika salah satu petarung tidak sadarkan diri, mengalami cedera parah atau permintaan dari dokter dan komisi pertandingan atas dasar alasan medis.

Ada beberapa kelas petarung untuk UFC: Kelas Terbang, Kelas Bantam, Kelas Bulu, Kelas Ringan, Kelas Welter, Kelas Menengah, Kelas Berat Ringan, Kelas Berat dan Kelas Super Berat.

Semua aturan itu dibuat agar pertarungan tetap berjalan aman, bermartabat dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas. Adalah organisasi Mixed Martial Art (MMA).

Untuk anak di bawah usia 18 tahun dilarang untuk menyaksikan olahraga yang terbilang keras ini. Penasaran seperti apa jalannya pertandingan UFC 144, saksikan secara langsung di televi berbayar saluran Fox Movies Premium, Minggu (26/1) mulai pukul 10.00 WIB.

About mgun7

Not special but Limited edition

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar

KATEGORI

DAFTAR ISI

Follow Us on Twitter

RSS Mr. Memble

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.